Rabu, 24 Oktober 2012

KEUTAMAAN PUASA HARI AROFAH (9 DZULHIJJAH)

عَنْ أَبِيْ قَتَادَةَ الأَنْصَارِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمٍ يَوْمَ عَرَفَةَ ، قَالَ : ( يُكَفِّرُ السَّنَةَ المَاضِيَةَ وَالسَّنَةَ القَابِلَةَ ) .
Diriwayatkan dari Abi Qotadah Al-Anshori rodhiallohu 'anhu bahwa Rosululloh sholallohu 'alaihi wa sallam ditanya tentang puasa pada hari Arofah (9 dzulhijjah), beliau bersabda: menghapuskan (dosa) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang". (HR. Muslim: 1162)
*  *  *
Hadits ini menunjukkan keutamaan puasa pada hari Arofah dan pahala yang besar dari sisi Alloh subhanahu wa ta'ala dimana puasanya akan menghapus dosa-dosa dua selama tahun.
Disunnahkan puasa hari Arofah ini adalah orang-orang yang ada disegala penjuru, adapun orang yang sedang haji tidak disunnahkan baginya berpuasa pada hari Arofah, bahkan berbuka mengikuti petunjuk Nabi sholallohu 'alaihi wa sallam.
Maka bagi orang muslim yang tidak mengerjakan haji, hendaknya bersemangat untuk berpuasa pada hari yang agung ini demi mendapatkan pahala, dan apabila hari Arofah bertepatan dengan hari jum'ah maka tetap berpuasa. Adapun larangan hadits untuk menyendirikan berpuasa dihari jum'ah itu karena dilain hari Arofah.
Adapun hari Arofah disunnahkan berpuasa baik bertepatan dengan jum'ah atau tidak. Itu menunjukkan kita tidak bermaksud berpuasa pada hari jum'ah.
Dosa-dosa yang diampuni dengan sebab puasa pada hari Arofah adalah dosa-dosa kecil, adapun dosa-dosa besar seperti zina, makan riba dan lainnya, tidak diampuni, tetapi harus bertaubat. Ini merupakan pendapat jumhur Ulama'.
Bagi seorang muslim hendaknya mengambil keutamaan dan mengharap terkabulnya harapan. Sesungguhnya do'a orang puasa itu mestajab, dan apabila berdoa ketika berbuka, maka itu merupakan waktu terdekat dikabulkan do'anya!.
Dan ketahuilah bahwasannya Takbir dimulai setelah sholat Shubuh dihari Arofah sampai akhir hari Tasyriq.
Dan sifat takbirnya:
"اللهُ أَكْبَرُ ، اللهُ أَكْبَرُ ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ ، وَاللهُ أَكْبَرُ ، اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الحَمْدُ"
Alloh Maha Besar, Alloh Maha Besar, tidak ada Ilah kecuali Alloh, Alloh Maha Besar, Alloh Maha Besar, dan segala puji bagi Alloh.
Dikatakan kepada Imam Ahmad rohimahulloh : dengan hadits apa kamu berpendapat bahwa takbir dimulai setelah sholat fajar hari Arofah sampai akhir hari Tasyriq? Beliau berkata: "dengan Ijma' Umar, Ali, Ibnu Abbas dan Ibnu Mas'ud rodhiallohu 'anhum". (lihat: Al-Mughni: 3/289 dan Irwa' Al-Gholil: 3/125).