Jumat, 23 November 2012

Amalan Pada Tanggal 10 Muharram (Hari Asyura)


Assalamu’alaikum wr. wb
Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimulyakan Allah SWT, karena banyak sekali pahala yang Allah berikan kepada hambanya dibulan ini. Bulan Muharram adalah bulan pertama pada tahun Hijriah, seringkali dikatakan bahwa  bulan Muharram adalah lebarannya orang yatim piatu dan fakir miskin. Mengapa begitu? . Nanti kita akan membahas bersama. Banyak sekali amalan-amalan yang dapat kita lakukan pada bulan Muharram ini, serta pahala yang besar yang Allah janjikan kepada hambanya yang melaksanakan amalan-amalan tersebut. Salah satunya adalah Puasa pada tanggal 10 bulan Muharram. Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa berpuasa dihari Asyura (10 Muharram), maka pahalanya 10.000 kali haji dan umroh dan seperti 10.000 mati Sahid”. Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa memberi makan kepada orang yang berpuasa dihari Asyura (10 Muharram), maka pahalanya seperti memberi makan sejumlah umatnya Nabi Muhammad SAW.”
Sangat jelas sekali hadits diatas memberikan gambaran betapa mulianya bulan Muharram dan betapa murahnya Allah SWT dalam memanjakan hambanya dengan pahala-pahala yang dijanjikan. Sangat bermanfaat sekali bagi kita semua yang mau untuk melakukan puasa di hari ke-10 bulan Muharram. Berikut ini beberapa amalan yang dapat kita lakukan pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram):
1.      Puasa tanggal 9, 10, dan 11 Muharram.
Rasulullah SAW bersabda: “Berpuasalah pada hari Asyura, dan bedakanlah dengan orang Yahudi yaitu dengan berpuasa sehari sebelum dan sehari sesudah hari Asyura (10 Muharram).”
Dari hadits diatas bahawasannya untuk membedakan kita dengan orang Yahudi maka kita dianjurkan berpuasa sehari sebelum dan sesudah tanggal 10 Muharram, Namun apabila hanya melakukan puasa pada tanggal 10 Muharram saja itu juga tidak masalah, karena itu sudah bisa menutupi dosa setahun yang sudah terlewati.
Rasulullah SAW bersabda: “Aku mencari pahala puasa Asyura kepada Allah SWT, karena dapat menutupi dosa sethaun yang terlewati”.
2.      Shalat 4 rekaat
Shalat 4 rekaat ini dapat dilaksanakan pada malam tanggal 10 Muharram (tanggal 9 malam), dengan ketentuan yaitu setiap rekaat membaca surat Al-Fatihah 1x dan Surat Al-Ikhlas sebanyak 51x.
Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa shalat 4 rekaat dihari Asyura (10 Muharram) setiap rekaat membaca Al-Fatihah 1 x dan Al-Ikhlas 51 x, Maka Allah akan memberikan ampun dosa-dosanya selama 50 tahun.”
3.      Memberikan sedikit harta kepada Keluarga dan istrinya.
Rasulullah SAW bersabda: “Dan berikan kelonggaran harta kepada Keluargamu di hari Asyura, sebab orang yang memberikan kelonggaran harta kepada Istri dan Keluarganya di hari Asyura, maka Allah akan melonggarkan rizkinya orang tersebut setiap tahun.”
4.      Shodaqoh
Rasulullah SAW bersabda: “ Barang siapa bershodaqoh dihari Asyura, maka dirinya tersebut seakan-akan belum pernah menolak terhadap orang yang meminta-minta”.
5.      Silaturrahim
6.      Mandi
Mandi disini bukan hanya mandi sepeti biasanya, melainkan adalah mandi seperti mandi besar atau mandi junub.
7.      Memotong kuku
8.      Memakai celak
9.      Berkunjung ketempat orang Alim atau Kyai.
10.  Menjenguk orang sakit
11.  Mengusap rambut anak Yatim.
Mengusap rambut disini bukan sekedar mengusap saja melainkan jika ada rizki lebih yaitu dengan memberikan sedikit rizkinya terhadap anak yatim piatu. Sebab setiap helai rambut anak yatim piatu yang diusap itu menggugurkan dosa-dosa orang yang mengusapnya. Maka berbagilah kepada mereka (anak yatim piatu).
12.  Membaca Surat Ikhlas sebanyak 1000 x, ayat kursi 100 x dan membaca “Khasbunallahu wa ni;mal wakiil, ni’mal maulaa wa ni’mannashiir” sebanyak 70 x dan lain-lainnya.
Demikian tersebut beberapa amalan-amalan yang dapat kita lakukan pada hari Asyura, tidaklah harus semua kita lakukan tapi semampu kita saja. Semoga kita dapat melaksanakan amalan-amalan tersebut dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi saya dan kita semua..Amin
Wassalamu’alaikum wr. wb